konversi teks sejarah.

Asal Usul Danau Toba

Pada zaman dahulu hiduplah seorang pemuda bernama Toba. Ia hidup sederhana dan tidak memiliki keluarga, kegiatan sehari harinya hanya memancing ikan di sungai untuk ia makan.

Suatu hari saat memancing, Toba mendapat ikan yang sangat besar dan indah, sisiknya berwarna emas. Toba sangat terkejut melihat ikan itu, akhirnya ia membawa pulang ikan besar itu dan memutuskan untuk memeliharanya. Namun Toba dikagetkan lagi saat ikan itu berubah menjadi wanita yang sangat cantik. Toba langsung jatuh hati pada wanita cantik tersebut.

Akhirnya toba menyampaikan kepada wanita itu bahwa ia mencintainya dan ingin menikah dengannya. Wanita itu setuju untuk menikah dengan Toba, dengan syarat Toba harus berjanji untuk tidak berkata kepada siapapun bahwa wanita itu adalah ikan. Toba menyetujui syarat itu, dan akhirnya mereka menikah.

Toba dan istrinya hidup sederhana dan bahagia. Kebahagiaan mereka semakin lengkap setelah mereka dikaruniai seorang anak laki laki yang diberi nama Samosir. Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, Toba harus bekerja di ladang yang tempatnya agak jauh dari rumah.

Suatu hari Samosir disuruh ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya di ladang. Di tengah perjalanan menuju ladang, Samosir merasa lapar dan haus karena memang jarak dari rumah ke ladak cukup jauh. Akhirnya ia memutuskan untuk memakan sedikit makanan yang ia bawa untuk ayahnya. Namun ia takut dimarahi sang ayah.

Dan benar saja, sesampainya di ladang Toba sangat marah karena melihat makanannya sudah dimakan Samosir. Kemarahan Toba memuncak sampai ia membentak Samosir dan melontarkan kata kata bahwa Samosir adalah anak ikan. Mendengar ayahnya berkata demikian Samosir pulang ke rumah sambil menangis.

Sesampainya di rumah, ia menceritakan kejadian yang sudah dialaminya kepada ibunya. Ibu Samosir sangat marah dan kecewa karena Toba sudah mengingkari janjinya. Akhirnya Samosir disuruh sang ibu untuk naik ke atas bukit, dan menunggu disana.

Tiba tiba air meluap dari rumah Toba dan terus mengalir sampai ke bukit tempat Samosir berdiri, dan membentuk danau. Hingga saat ini danau tersebut diberi nama Danau Toba dan pulau kecil di tengahnya diberi nama Pulau Samosir

teks konversi:

                           DANAU TOBA
   Danau toba...
   keindahanmu melebihi sgalanya
   dengan air yang jernih
   dan kelimpahan tumbuhan

   keindahanmu tak ada duanya
   menghembus kedalam sukma
   menghilangkan duka lara

   keindahan mu tak kan hilang
   dalam sanu bariku
   yang akan bersinar hingga kapan pun


sumber:https://keepcornwallwhole.org/contoh-teks-cerita-sejarah/

Komentar