Resensi Buku Logika Pemograman Menggunakan Java

judul buku : Logika Pemograman Menggunakan Java

Penulis       : Abdul Kadir

penerbit      : PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Tahun terbit : 2020

Tebal halaman : 560 halaman

Harga           : Rp.140.000


Buku Logika Pemograman Menggunakan Java yang ditulis oleh Abdul Kadir, diterbitkan oleh PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO Kota Jakarta Gedung Kompas - Gramedia I lt.2 Jl. Palmerah Barat 29-33. Di buku ini, penulis  mengajak pembaca untuk mengetahui logika-logika di pemograman java untuk memecahkan permasalahan yang sering terjadi disaat melalukan pemograman.

Java merupakan bahasa pemograman yang dibuat oleh James Gosling. Sintaks ini mirip dengan C/C++, karena penciptanya terinspirasi dari itu. Java dirancang untuk umum dan sepenuhnya menganut paradigma OOP (Object Oriented Progamming). OOP adalah paradigma pemograman berbasis pada objek. Setiap kita membuat program, maka wajib kita membuat objek terlebih dahulu.

Java juga sering digunakan untuk menciptakan aplikasi, contohnya saja pada di Android. Aplikasi Android diciptakan melalui Java. Dan juga Java dapat digunakan untuk membuat website, aplikasi Windows, dll. selain dapat membuat aplikasi, Java juga mudah digunakan karena Cross-Platform. Cross-Platform merupakan suatu fitur dimana pengguna dapat menggukanan aplikasi dimanapun, baik di HP Android, IOS, maupun Laptop dan PC. Belajar Java juga dibutuhkan dizaman serba teknologi sehingga cukup berguna untuk belajar Java dan dapat gaji lumayan besar nominalnya.

Buku ini memuat dasar-dasar dalam pemograman Java, cara membuat, dan masalah-masalah yang sering terjadi disaat membuat Java. Buku ini lebih menekan ke permasalahan Java, sehingga buku ini memberikan banyak contoh permasalahannya dan cara mengatasinya. Metode pembelajarannya yang sangat lengkap dari buku ini sehingga pembaca dapat memahami jika mereka suatu saat terkena masalah dalam pembuatan Java. Tahap pembelajarannya pun pelan tapi pasti, pasti yang dimaksud itu adalah dapat mengerti secara detail. Dibuku ini juga menyediakan link untuk mendownload file dan aplikasi yang dibutuhkan.

kelebihan buku ini yaitu, bahasa yang mudah dimengerti, menyertakan link untuk mengunduh aplikasi dan file, pembahasan yang sangat mendetail, dan juga buku ini sangat cocok bagi pemula.

kekuranan buku ini yaitu, terlalu banyak kata" yang tidak penting, terkadang soal pemecahan masalahnya agak rumit sehingga susah dimengerti dan terdapat kata-kata yang tidak ada penjelasannya seperti void yang tidak dijelaskan maksud kata tersebut sehingga orang awam pun pasti kurang mengerti.

Buku ini layak untuk dibeli dan dibaca apalagi untuk orang awam yang ingin belajar java, karena dibuku ini penjelasannya yang lengkap serta ada sesi pertanyaan jika sudah mempelajari materinya, sehingga dapat megevaluasi materi yang tidak dipahami.

Komentar